Minggu, 02 Desember 2018

8 Tips Menggunakan Kipas Angin AC


Jika Anda mempunyai kipas angin AC, kami akan memberikan tips menggunakan kipas Angin AC yang baik dan benar. Hal itu berguna agar kipas angin AC yang Anda beli dapat berumur panjang dan berjalan dengan optimal. Berikut 8 tips menggunakan kipas angin AC:

1.    Pastikan Ada Ventilasi Pada Ruangan
Tips yang paling pertama dan penting ketika Anda akan menggunakan kipas angin AC adalah Anda harus memastikan bahwa kondisi ruangan Anda memiliki sirkulasi udara yang baik. Pastikan terdapat banyak ventilasi udara atau setidaknya pintu ruangan terbuka sehingga udara dapat keluar masuk ke ruangan.
Peran sirkulasi udara sangat penting bagi kipas angin AC. Hal ini dikarenakan kipas angin AC merupakan alat pendingin yang membuat udara menjadi lembab. Apabila tidak terdapat sirkulasi yang baik, udara yang ada di ruangan akan semakin lembab. Jika kelembaban udara mencapai 80%, maka fungsi kipas angin AC tidak akan terasa lagi. Udara tidak akan menjadi sejuk, melainkan akan terasa lengket dan lembab. 

2.    Pahami tentang air flow
Memahami air flow dalam spesifikasi kipas angin AC merupakan langkah yang berguna. Semakin tinggi air flow pada kipas angin AC yang Anda miliki maka semakin cepat pula ruangan tersebut terasa sejuk. Air flow yang tinggi berarti kipas angin AC tersebut dapat menghembuskan udara dengan volume yang besar pula.
Memahami tentang ukuran air flow tersebut ada kaitannya dengan sirkulasi udara ruangan Anda. Semakin besar air flow pada kipas Angin AC Anda, maka dibutuhkan semakin banyak ventilasi. Sehingga, sirkulasi udara yang dibutuhkan harus lebih baik juga.
Anda harus memastikan volume udara yang keluar dari alat pendingin dapat tergantikan karena adanya sirkulasi udara. Sehingga, udara tidak terasa lembab dan lengket.

3.    Jangan menyalakan sistem penyejuk air pada kipas angin AC apabila tanki air kosong
Pada setiap kipas angin AC terdapat tombol untuk menyalakan sistem penyejuk. Tombol tersebut akan menggerakan pompa dan menjalankan sirkulasi air ke bagian atas kipas angin AC.
Penting sekali, apabila tanki air pada kipas angin AC kosong Anda jangan sampai menyalakan sistem penyejuknya. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada pompa air kipas angin AC.
Jika memang Anda ingin mendinginkan ruangan, Anda masih bisa menggunakan kipas angin AC meski tanki airnya kosong. Hanya sajan Anda harus mematikan tombol penyejuknya. Kipas angin AC akan berjalan layaknya kipas angin biasa.

4.    Pastikan Volume Tanki Air selalu berada diatas tanda minimum
Memastikan volume air tanki sebelum digunakan sangat penting untuk pengoptimalan kinerja kipas angin AC. Hal ini dikarenakan kipas angin AC dapat menghasilkan udara yang sejuk apabila air pada tanki terisi.
Memastikan tanki air berada di atas tanda minimum dapat mengantisipasi Anda saat menggunakan kipas angin AC dalam jangka waktu yang lama. Anda juga harus segera mengisi tanki air apabila sudah berada di level minimum sehingga kipas angin AC milik Anda dapat berjalan dengan optimal dan tidak mudah cepat rusak.

5.    Gunakan air bersih
Perlu Anda ketahui, isilah tanki air kipas angin AC Anda menggunakan air bersih tanpa ada partikel padat didalamnya. Hal ini untuk menjaga agar pompa tidak mudah rusak dan udara yang dihasilkan tidak menyebabkan bau yang tidak sedap.
Bagi Anda yang menginginkan aroma yang wangi pada udara yang dikeluarkan oleh kipas angin AC, jangan sampai Anda mencampurkan pewangi pada tanki air. Hal tersebut akan merusak kepada media pendingin (honeycomb Pad). Sebaiknya, Anda menggantungkan pengharum ruangan pada bagian pengarah angin pada kipas angin AC untuk membuat udara yang dihasilkan menjadi wangi.

6.    Kuras tanki air setiap 2 minggu sekali
Melakukan perawatan pada kipas angin AC tidak serumit air conditioner. Anda dapat melakukan perawatan sendiri tanpa memanggil tenaga ahli dari kipas angin AC. Untuk menjaga agar kipas angin AC tidak mudah rusak, kuras tanki air 2 minggu sekali. Hal ini untuk membersihkan apabila terdapat partikel padat yang menumpuk dari udara yang masuk ke pompa air.

7.    Bersihkan media pendingin setiap 2 minggu sekali
Selain membersihkan tanki, Anda juga harus membersihkan media pendingin dari kipas angin AC. Media pendingin (honeycomb pad) adalah tempat bertemunya air dengan udara yang panas sehingga terjadilah proses penguapan. Untuk membersihkannya Anda tinggal menyikatnya dengan sikat kemudian membilasnya hingga bersih.

8.    Jangan sampai terkena hujan kecuali tertulis weather resistant
Hati-hati dalam menyimpan kipas angin AC. Hal ini dikarenakan tidak semua kipas angin AC anti air. Lihatlah label keterangan pada kipas angin AC anda apakah tertulis weather resistant atau tidak. Jika tidak maka simpanlah baik-baik agar terhindar dari air hujan.
Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan kepada Anda. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar